Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Restart Laptop Lama Menyala dan Bagaimana Solusinya

Ketika laptop mengalami hang, satu-satunya cara adalah dengan melakukan restart. Namun kadang timbul kondisi restart laptop lama dan tidak kunjung menyala. Hal ini tentu cukup mengkhawatirkan terutama jika terjadi disaat banyak pekerjaan yang membutuhkan bantuan laptop. 

 

Penyebab Restart Laptop Lama Menyala dan Bagaimana Solusinya

Mengapa Laptop Bisa Lama Restart ?

Banyak faktor yang bisa menyebabkan laptop ngehang dan lama restart. Pemilik laptop dapat menganalisa penyebabnya untuk menemukan sumber masalah dan mencari solusinya. Apa saja penyebab laptop restart lama?.

1. Terkena Virus

Hal yang paling sering dan paling memungkinkan terjadi ketika laptop jadi lemot dan lama restart adalah laptop terkena virus. Baik bug maupun malware sama-sama memberi pengaruh yang sangat buruk untuk laptop.

2. Tidak Pernah Update

Pemilik laptop terkadang lupa mengupdate beberapa program sehingga membuat laptop error dan harus di restart. Bahkan ketika di restart pun loading nya lama dan tidak kunjung menyala.

3. Terlalu Banyak Aplikasi

Penyebab terbesar apabila laptop ngehang adalah banyaknya aplikasi yang berjalan sehingga memori habis. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan bersamaan akan membuat laptop kehabisan RAM dan restart laptop lama untuk bisa menyala.

4. Terlalu Banyak Membuka Tab Browser

Ketika sedang browsing di internet, tanpa sadar terlalu banyak tab browser yang terbuka. Jika kondisi ini terjadi maka secara otomatis laptop akan menjadi lambat dan harus di restart.

4. Ruang Penyimpanan Penuh

Ketika laptop mulai melambat, sebaiknya periksa ruang penyimpanan. Saat memori penuh maka secara otomatis kinerja laptop akan lambat dan lama-lama menjadi error. Tentu saja hal ini sangat mengganggu.

5. Laptop Jarang Dibersihkan

Mungkin ini terdengar sepele, tetapi saat laptop jarang dibersihkan maka bisa menyebabkan error.Hal ini disebabkan adanya tumpukan kotoran di beberapa titik laptop yang cukup penting. Jika tidak dibersihkan maka kotoran tersebut akan terus menumpuk dan sulit dibersihkan.

Cara Mengatasi Restart Laptop Lama

Saat berhadapan dengan kondisi dimana laptop error dan tidak kunjung menyala pada saat  direstart, jangan panik. lakukan beberapa hal berikut ini agar laptop kembali normal:

1. Periksa Hardisk

Jika ruang dalam laptop sudah terpakai semua, secara otomatis laptop akan bekerja dengan lebih lambat. Periksa apakah benar harddisk dan ruang penyimpanan dalam kondisi sangat penuh. Buang beberapa program dan file yang tidak dibutuhkan untuk mendapatkan ruang .

2. Perhatikan RAM

RAM memiliki peranan sangat penting dalam kinerja laptop. Jika RAM habis maka sudah pasti laptop tidak dapat bekerja secara optimal. Kosongkan RAM dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak digunakan agar laptop tidak error.

3. Rajin Melakukan Update

Solusi agar kejadian restart laptop lama dapat ditanggulangi berikutnya adalah dengan selalu melakukan update program. Dengan memperbaharui program terutama program yang penting dan banyak digunakan, laptop akan terbebas dari bug dan malware yang bisa menyebabkan error.

4. Rajin Membersihkan Laptop

Jika ingin kinerja laptop tetap optimal, kebersihan ikut menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Bersihkanlah bagian-bagian laptop agar tidak banyak debu menumpuk dan menyumbat. Banyaknya kotoran akan membebani kinerja laptop sehingga lebih cepat error.

Demikian ulasan singkat mengenai penyebab restart laptop lama menyala kembali dan apa saja solusinya. Jangan mengabaikan hal sepele seperti membersihkan bagian-bagian laptop, mengunduh banyak aplikasi dan sebagainya.

Hal yang dianggap sepele sekalipun bisa menjadi penyebab laptop menjadi error. Jika sudah error dan tidak mau menyala saat di restart maka kerugian tentu akan dirasakan oleh pemiliknya. Karena itu perhatikan dengan baik apa saja hal yang dapat merugikan jika terlalu lalai merawat laptop.