Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kompress Video di HP Tanpa Kurangi Kualitas

File-file media memang kebanyakan memiliki size yang besar termasuk salah satunya adalah Video. Jika dimasukkan ke HP dengan storage yang terbatas, maka akan memenuhi memori HP. Maka dari itu diperlukan cara kompress video di HP tanpa terlalu banyak mengurangi kualitasnya.

Cara Kompress Video di HP Tanpa Kurangi Kualitas

1. Pakai Aplikasi Transcoder

Cara kompress video yang pertama dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama Video Transcoder. Aplikasi ini bisa menekan ukuran video sesuai dengan yang apa yang diharapkan. Selain ukurannya yang berubah, format juga mendukung untuk diubah jika diinginkan.

Ada puluhan format video yang didukung oleh aplikasi ini sehingga pengguna bisa leluasa memilihnya. Aplikasi ini memakai sistem transkode file video sehingga video bisa diubah dari satu format ke format lainnya.

     Buka aplikasi dengan video yang ingin dikecilkan.

     Atur kualitas video sesuai yang diinginkan, serta pilih format video yang tersedia.

     Jangan lupa atur frame rate dan Bitrate sesuai dengan pengaturan yang jadi referensi, biasanya agar tetap bagus menggunakan bitrate 128.

     Lakukan kompress hingga proses selesai dalam beberapa menit sesuai ukuran video

2. Menggunakan Video Converter

Pengguna juga bisa memiliki pilihan lain untuk mengkompres video di HP. Disini pengguna akan cukup dimudahkan dengan fitur-fitur yang disediakan. Video bisa dengan mudah untuk di kompres dengan berbagai ukuran yang diinginkan.

Tentunya semakin kecil ukuran, semakin berkurang juga kualitas dari video yang dihasilkan. Jadi sangat disarankan untuk tidak terlalu besar mengurangi ukuran video. Tidak cuma itu, pemilihan format video juga cukup penting disini.

Jika diperlukan, pengguna juga bisa mengubah video menjadi audio melalui aplikasi ini. Jadi bisa dibilang ini adalah aplikasi yang cukup fungsional daripada sekedar mengkompres video.

     Buka aplikasi dan pakai versi gratisnya saja tanpa harus membayar.

     Pilih video yang akan digunakan untuk diperkecil ukuran filenya.

     Atur format video yang diinginkan serta beberapa konfigurasi lainnya sesuai selera.

     Pilih target format akan disimpan ke folder mana, dan langsung saja mulai kompresinya.

     Prosesnya akan berlangsung beberapa menit, jika selesai aplikasi akan memberikan notifikasi.

3. Menggunakan Situs Online Compressor

Selain memakai aplikasi, ada alternatif lain buat yang ingin mengkompres videonya. Cara ini menggunakan sebuah situs gratis yang bisa mengkompres ukuran video. Namun tentu ukuran dari video yang bisa diupload disini ukurannya cukup terbatas karena berbasis web.

Salah satu situs web yang bisa dicoba untuk mengkompres video dinamakan dengan You Compress. Aplikasi ini mampu mengecilkan ukuran video tanpa perlu bantuan aplikasi yang bisa diakses dari beragam device termasuk HP. Caranya adalah sebagai berikut:

     Buka alamat www.ypucompress.com di berbagai browser sesuai keinginan

     Pilih video yang diinginkan untuk dikecilkan ukurannya dengan memencet tombol select file

     Upload video dan kompress videonya hingga selesai dalam beberapa menit saja

     Jika sudah, video bisa diunduh dan disimpan ke galeri atau file manager.

4. Menggunakan Aplikasi Panda Compressor

Panda compressor adalah sebuah alat untuk mengkompres video yang berbasis aplikasi. Ini merupakan aplikasi kompress video yang cukup laris di Play Store.

Meski aplikasi ini ringan tapi jangan salah, kemampuannya tidak bisa diremehkan.Cara menggunakannya juga cukup gampang, bahkan orang awam pun akan mengerti dengan mudah:

     Unduh aplikasi dari Google Play Store terlebih dahulu.

     Pilih video yang diinginkan untuk lebih diperkecil ukurannya.

     Pilih jenis dan kualitas video yang diinginkan, usahakan jangan terlalu kecil.

     Compress dan tunggu beberapa saat hingga video selesai dan bisa disimpan.

Demikianlah sedikit informasi tentang cara kompress video di HP tanpa mengurangi kualitas video. Agar kualitas video semakin baik meski dikompress, usahakan mengulik lagi konfigurasi yang ada untuk menemukan pengaturan yang pas.